Srikandi News

Perlu tiga tahun untuk kalahkan ISIS

Berbagi Berita Ini Keteman
Jenderal Amerika Serikat pemimpin pasukan yang bertempur melawan Negara Islam di Irak dan Suriah atau ISIS mengatakan, diperlukan waktu tiga tahun untuk mengalahkan kelompok tersebut.
Letnan Jenderal James Terry mengatakan serangan udara Amerika untuk menggempur ISIS baru dimulai empat bulan lalu dan diperlukan waktu dan kesabaran untuk melihat hasilnya secara nyata.
"Yang perlu kita lakukan, terutama di dalam Irak, adalah meningkatkan kemampuan pasukan (Irak). Setidaknya diperlukan waktu tiga tahun (untuk mengalahkan ISIS)," kata Jenderal Terry, hari Kamis (18/12).
Jenderal Terry mengatakan pasukan Kurdi dengan dukungan pesawat-pesawat tempur Amerika berhasil merebut kembali kawasan luas di dekat perbatasan Suriah, dan dicapai kemajuan yang cukup signifikan dalam menghentikan gerak maju ISIS.
Sebelumnya Menlu AS John Kerry menegaskan bahwa pihaknya akan "meladeni" ISIS sampai kapan pun.
Saat ini terdapat setidaknya 1.700 tentara AS di Irak dan Presiden Barack Obama telah memberikan lampu hijau untuk menambah pasukan sebanyak 3.000 personil.
Lebih dari 1.000 tentara diperkirakan akan diterbangkan ke Irak dalam beberapa pekan mendatang untuk melatih tentara negara tersebut.