Srikandi News

MENYONGSONG ERA BARU PESAWAT C-295 M

Berbagi Berita Ini Keteman
Skadron Udara 2 yang mempunyai slogan “Pengabdian Pantang Surut” merupakan satuan operasional yang berada dibawah jajaran Wing Udara 1 Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Skadron yang mempunyai lambang “Kuda Terbang” (Flying Horse), merupakan Skadron Angkut pertama yang dimiliki oleh jajaran TNI AU pada masa awal pembentukannya.
Berdasarkan perintah KASAU Nomor 0493/PR/KASAU/50 tanggal 1 Agustus 1950, Skadron Udara 2 diresmikan dengan armada pesawat C-47 Dakota buatan Amerika sang legendaris pada era 50-an hingga pertengahan 70-an.

Memasuki awal tahun 1955, Marsekal Kliment E. Voroshilov (Petinggi Militer Uni Soviet) menghibahkan sebuah pesawat angkut Ilyushin Il-14 Crate sebagai tanda persahabatan antar kedua Negara, dan menyusul beberapa pesawat Il-14 termasuk diantaranya Avia-14 (varian lansiran Cekoslovakia) melengkapi kekuatan Skadron Udara 2 menemani C-47 Dakota.

Pada era tahun 70-an Pimpinan TNI AU mengambil kebijakan untuk memperbaharui armada pesawat angkut pengganti C-47 Dakota dengan membeli tujuh pesawat Fokker F-27 TS (Troop Ship) dari negeri Kincir Angin Belanda.
Secara bertahap ketujuh pesawat itu didatangkan dan pertama kali pada tanggal 7 september 1976 dengan nomor registrasi T-2701 sampai dengan yang terakhir T-2708 pada tahun 1977. Pesawat Fokker F-27 TS ini memperkuat jajaran Skadron Udara 2 sampai dengan awal tahun 2012, dan selanjutnya diputuskan untuk tidak diterbangkan kembali (Ground Dead).

Memasuki era tahun 90-an skadron Udara 2 mendapat kehormatan dan kepercayaan untuk mengawaki enam pesawat CN-235 yang merupakan produksi teknologi anak bangsa PT Dirgantara  Indonesia (dulu:IPTN) untuk memperkuat jajaran “flying horses”. Pada tanggal 12 Januari 1993 pesawat CN-235 pertama hadir di Skadron Udara 2, hingga lengkap berjumlah 6 pesawat pada tahun 1995. Pada tahun 2007 Skadron Udara 2 mendapatkan 1 tambahan pesawat CN-235 untuk menambah kekuatannya sampai dengan sekarang.

The Next Generation Flying Horses
 
Seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya usia pesawat Fokker  F-27 TS yang sudah lebih dari 30 tahun, pada bulan Juli 2012 Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Imam Sufa’at memerintahkan 4 Penerbang dari jajaran Skadron Udara 2 Wing 1 Lanud Halim Perdanakusuma dan 18 teknisi dari berbagai jajaran di TNI AU untuk mempelajari cara pengoperasian dan juga pemeliharaan pesawat C-295 M di Airbus Military Seville, Spanyol.

TNI AU direncanakan akan mendapat 9 pesawat C-295 M, sesuai dengan kontrak pembelian antara Kementerian Pertahanan RI dan PT Dirgantara Indonesia (PT.DI) untuk memperkuat kekuatan Alutsista di jajarannya. Pesawat C-295 M adalah pesawat buatan Airbus Military yang akan dikerjasamakan dalam proses produksinya dengan PT.DI. dan secara bertahap akan di produksi oleh Airbus Military maupun akan dirakit bersama-sama di fasilitas PT.DI Bandung nantinya. Keseluruhan 9 pesawat direncanakan akan selesai dan diserah terimakan secara bertahap kepada TNI AU mulai akhir tahun 2012 sampai dengan tahun 2014.

Pelaksanaan training dilaksanakan di Fasilitas Airbus Military Training Center Sevilla, Spanyol sejak tanggal 9 juli 2012 s/d 14 September  2012. Keseluruhan tahapan latihan meliputi bina kelas (ground school) sebanyak 130 jam, Flight Training Device Section (FTD) sebanyak 16 jam, Full Flight Simulator (FFS) sebanyak 32 jam, dan Flight training dengan menggunakan pesawat C-295 M sebanyak 7 (tujuh) jam.
Para penerbang TNI AU dilatih oleh para Instruktur Pilot yang juga merupakan Test Pilot yang berpengalaman dari Airbus Military, yang sebagian besar merupakan mantan Pilot dari Spanish Air force (SPAF). Ke-4 (empat) penerbang tersebut adalah Letkol Pnb Elistar Silaen ( Komandan Skadron Udara 2), Mayor Pnb Destianto N. U., Mayor Pnb Trinanda Hasan F. dan Kapten Pnb M. Reza Fahlevi.

Selain Penerbang TNI AU, PT. Dirgantara Indonesia (PT DI) juga mengirimkan dua Test Pilot, Ester Gayatri Saleh dan Novirsta Mafriando Rusli untuk melaksanakan pelatihan yang sama.
Dua pesawat pertama dengan nomor registrasi A-2901 dan A-2902, sudah diterbangkan dari Sevilla Spanyol pada tanggal 24 September 2012 dan direncanakan akan tiba di Lanud Husein Satranegara (PT.DI) pada tanggal 30 September 2012, dengan masing-masing pesawat diawaki oleh 2 Pilot dari Airbus dan 1 pilot dari PT.DI.
Pesawat C-295 M merupakan pesawat angkut sedang taktis (medium airlifter) generasi terbaru yang sudah menggunakan full glass cockpit, digital avionic dan sepenuhnya kompatibel menggunakan night vision googles (NVG), sehingga C-295 M merupakan pesawat angkut sedang versi militer yang dapat diandalkan dikelasnya. C-295 M mampu membawa sampai dengan total 9 ton cargo atau kurang lebih 71 personel.

Pesawat ini juga mampu terbang sampai ketinggian 25.000 kaki dengan kecepatan jelajah maksium 260 knot (480 km/jam) serta dapat diterbangkan dan dikendalikan dengan aman dan sangat baik pada kecepatan rendah sampai dengan 110 knots (203 km/jam). Dengan menggunakan 2 Mesin Turboprop Pratt & Whitney Canada (PW 127G) pesawat ini mampu melaksanakan lepas landas dan melaksanakan pendaratan pada Landasan yang pendek (STOL / Short Take Off & Landing) yaitu 670 m /2.200 ft dengan berat tertentu.

Kemampuan Pesawat C-295 M dinilai sangat cocok dan ideal dikaitkan dengan tugas dan misi yang diemban oleh Skadron Udara 2, diantaranya, melaksanakan angkutan personel dan logistik, penerjunan pasukan dan logistik, Evakuasi Medis Udara, Patroli Udara terbatas, serta penugasan militer maupun misi kemanusian lainnya.
Dengan hadirnya pesawat C-295 M di jajaran Skadron Udara 2 diharapkan dapat menyongsong panggilan tugas Negara yang diemban oleh TNI AU dengan baik dan optimal melalui Skadron Angkut Tertua di Jajarannya.


Sumber :  
http://tni-au.mil.id/berita/menyongsong-era-baru-pesawat-c-295-m