Srikandi News

ALUTSISTA RUSIA

Berbagi Berita Ini Keteman
Menimbang Beragam Pilihan Rudal Penangkis Serangan Udara untuk Pussenarhanud TNI-AD
 
Produsen-produsen rudal hanud di dunia kini semakin bersaing dalam memproduksi sista rudal hanud SHORAD yang efektif, mobile dan memiliki daya tangk
al yang besar. Pemain lama seperti Amerika Serikat dan Rusia kini juga bersaing sengit dengan Perancis, Swedia dan konsorsium pembuat rudal dari Eropa, MBDA. Negara yang selalu dirundung konflik, Israel, juga semakin menunjukkan geliatnya sebagai produsen rudal hanud yang mumpuni dikarenakan faktor “keterpaksaan” dalam melindungi apa yang menjadi national interest mereka. Selain itu dari Asia, muncul pemain baru yang berhasil menggabungkan kelebihan dari masing-masing rudal hanud buatan blok Barat maupun Blok Timur, yakni Korea Selatan. Terbukti dengan keputusan Korea Selatan menggandeng Thales dari Perancis dan Almaz Antey dari Rusia dalam proyek rudal hanud mereka. Berikut adalah profil singkat masing-masing sista rudal SHORAD dari negara-negara di atas.

Rusia

Rusia selama ini dikenal sebagai pembuat rudal hanud dengan kualitas jempolan dan sudah teruji memakan korban pesawat-pesawat musuh baik di dalam negerinya sendiri maupun di ajang peperangan luar negeri. Tentu kita masih ingat dengan kejadian ditembak jatuhnya pesawat mata-mata U2 milik AS di daerah Ural dan langit Kuba oleh rudal SA-2(S-75) Dvina. Selain itu Perang Vietnam dan Perang Arab-Israel menjadi saksi sejarah kedahsyatan sista rudal buatan negara pewaris utama pecahan Uni Soviet ini. Dalam peperangan modern kita juga tidak bisa melupakan ditembak jatuhnya F-16 Kapten Scott O’Grady di atas langit Bosnia pada Perang Kosovo tahun 1995 silam. Untuk keperluan SHORAD, Rusia melalui KBP Tula menawarkan konsep sista hanud komposit Pantsir-S1 dengan memadukan 2 laras kanon otomatis 30mm dan 8-12 rudal SAM 57E6-E. Sistem ini dapat dipadukan dengan platform rantis maupun ranpur beroda rantai. Dilengkapi dengan radar dan elektro-optikal sekaligus, sista ini dapat mendeteksi 20 target secara simultan sampai dengan jarak 32-36 Km dan mengakuisisi target pada jarak 24-28 Km menggunakan piranti radarnya sedangkan bila menggunakan elektro-optikal mampu mengakuisisi target pada jarak 17-26 Km. Jangkauan target efektif bila menggunakan rudal pada jarak 1,2-20Km dan ketinggian 5-10.000m, sedangkan bila menggunakan kanon 30mm memiliki jarak efektif 0.2-4Km dan ketinggian 0-3.000m. Selain itu kanon otomatis 30mm ini memiliki rate of fire mencapai 4.500-5000 peluru per menit. Sista hanud ini memiliki tempo reaksi yang cukup cepat yaitu 4-6 detik dari deteksi hingga ke penembakan. Sistem yang serba otomatis pada sista hanud ini menyebabkannya hanya cukup diawaki oleh 3 orang kru saja.

(lembagakeris.net)